Selasa, 03 Februari 2009

SAHAM

Pengertian Saham
Menurut saya pengertian saham adalah bukti kepemilikan modal seseorang terhadap suatu perusahaan. Sekali lagi itu menurut saya, mungkin anda punya pengertian sendiri.

Contoh sederhana jika kita membuka sebuah usaha dengan patungan 3 orang, masing-masing naruh uangnya @ 1 juta, maka akan terkumpul 3 juta untuk usaha tersebut. Masing-masing mereka mempunyai andil atau istilah kerennya saham sebesar 33.33% dalam usaha tersebut. Dari sini bisa tergambar bahwa saham sebenarnya merupakan kepemilikan modal dalam suatu usaha (perusahaan).

Kalo saham yang biasa diperjual belikan di lantai bursa adalah saham yang dikeluarkan oleh perusahaan (emiten) untuk dimiliki oleh publik. Perusahaan membutuhkan tambahan modal untuk melakukan ekspansi atau membiayai pengembangan bisnisnya, maka mereka menjual sebagian sahamnya kepada publik untuk memperoleh dana segar, cepat dan tentu saja bebas bunga, bayangkan jika perusahaan itu harus pinjem modal ke bank. Perusahaan seperti ini disebut perusahaan terbuka. Nah kita yang membeli saham akan memperoleh keuntungan yang disebut deviden yang dibagikan tiap tahun oleh perusahaan. Namun deviden yang dihasilkan sangat kecil karena perusahaan biasanya menggunakan sebagian besar keuntungannya untuk mengembangkan usahanya.
Tentu saja ini tergantung kebijakan masing-masing perusahaannya. Keuntungan yang lebih besar bisa didapat dari harga saham yang melonjak naik karena kinerja perusahaan dianggap bagus oleh publik. Keuntungan besar dengan sekejap mata. Tapi jangan terlena kalo tidak hati-hati anda juga bisa rugi besar. Intinya High risk high return...
Sekarang ini dengan kemajuan teknologi informasi transaksi di bursa saham dapat dengan mudah dilakukan tanpa harus bertemu penjual dan pembeli. Kita cukup mendaftar ke securitas dengan menyetor sejumlah uang sebagai modal kita untuk melakukan transaksi. Setelah itu kita tinggal menelpon ato transaksi online via internet untuk melakukan pembelian maupun penjualan saham. Monitornya pun sekarang ini relatif mudah, informasi bursa bisa diakses dengan cepat, dan pergerakan naik turunnya saham bisa kita ikuti setiap menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar